Minggu, 22 Januari 2012

Lomba Karya Tulis Konstruksi Indonesia 2011

ABSTRAK

Permasalahan lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini sudah cukup mengkuatirkan masyarakat global. Berbagai isu tereduksinya lingkungan seperti pemanasan global, berkurangnya ketersedian air bersih, polusi, dan bencana alam sebagai akibat rusaknya lingkungan telah menjadi masalah serius bagi setiap negara. Salah satu bidang yang ikut menyumbang kerusakan lingkungan adalah industri konstruksi. Untuk mengurangi dampak kegiatan konstruksi yang ada maka banyak negara sedang menggalakkan konstruksi hijau (green construction) sebagai konsep yang lebih ramah lingkungan dibanding konstruksi biasa (reguler construction). Namun, dengan diterapkannya konsep green construction di Indonesia tidaklah serta merta dapat berjalan mulus untuk mengurangi dampak negatif kegiatan konstruksi bagi lingkungan.

Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan green construction di Indonesia yaitu biaya operasional yang mahal, masih kurangnya tenaga ahli, dan belum adanya payung hukum yang jelas. Dari masalah-masalah yang ada tersebut, biaya operasional yang mahal merupakan kendala yang paling mendasar bagi tersendatnya perkembangan industri green construction di Indonesia. Oleh sebab itu solusi alternatif yang dapat diambil pemerintah adalah dengan memberikan subsidi kepada perusahaan konstruksi yang telah menerapkan konsep green construction.

Subsidi ini diberikan sebagai kompensasi terhadap modal lebih yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan adanya subsidi ini maka akan semakin banyak perusahan konstruksi yang terjun ke industri green contruction sehingga secara langsung akan menumbuh kembangkan industri tersebut di Indonesia. Untuk mewujudkan pemberian subsidi kepada para peusahaan yang telah menerapkan konsep green construction maka tidak dapat terlepas dari peran berbagai pihak terkait. Pihak-pihak tersebut adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Lingkungan Hidup (LH), Kementerian Perumahan Rakyat, GBCI, Perusahaan Konstruksi, dan Bank.



Note : Karya Tulis Ini Meraih Juara III dari Kementerian PU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar