Rabu, 08 Agustus 2012

Ketika Kreativitas Bertemu Keterbatasan


Anggapan mengenai inovasi sebagai kegiatan yang rumit dan mahal tidak selamanya benar. Setidaknya hal ini telah Saya buktikan sendiri. Ajang bergengsi tahunan 104 Inovasi Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenristek dan Business Innovation Centre (BIC) menjadi saksi bahwa inovasi tidak melulu diidentikan dengan makna yang terlalu rumit. Roh sebuah inovasi adalah kebermanfaatannya di masyarakat, bukanlah sebuah inovasi bila ia tidak mampu memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan di masyarakat. Walaupun kita mampu menciptakan banyak hal yang besar, tetapi bila sulit atau bahkan tidak dapat dimanfaatkan itu sama saja dengan tidak melakukan apa-apa.  

Sekilas Perjalanan Inovasiku
Saya sendiri mengakui bahwa inovasi yang berhasil masak ke dalam 104 Inovasi Indonesia merupakan sebuah inovasi yang boleh dikatakan sangat sederhana. Tetapi untuk masalah manfaat, inovasi ini tidak kalah dengan berbagai outcome yang telah dilahirkan oleh para inovator di negeri ini. Dari inovasi yang berjudul Nasi Warna-Warni Pelangi Bernutrisi ini, Saya memahami sebuah hal bahwa keterbatasan bukanlah hambatan yang dapat membunuh kreativitas. Tetapi justru sebaliknya, tingkat kreativitas seseorang semakin diuji ketika ia berada pada kondisi yang serba terbatas. Bayangkan saja, hanya dengan berbekal sedikit pengetahuan biologi, sisa gaji bulanan, alat-alat dapur yang hampir usang, dan segudang kreativitas akhirnya Saya mampu menciptakan produk baru yang mungkin sangat bermanfaat di masyarakat.







Biarpun Muda yang Penting Sensasional
Dari 2519 proposal yang masuk ke panitia seleksi, menjadi bagian dari 104 inovasi terpilih merupakan prestasi yang membanggakan. Latar belakang yang "dianggap" tidak berpengalaman dan tingkatan pendidikan yang masih rendah bukanlah alasan untuk tidak bisa berprestasi. Adakalanya senioritas itu akan kalah oleh kemauan. Dengan kemauan kita bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin. Semoga karya ini dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam mewujudkan kemandirian bangsa. AMIN. 

"Today is always a good day"

1 komentar:

  1. menarik mas... tapi, mungkin bisa diceritakan lebih lanjut tentang beras pelangi...

    BalasHapus